Selamat datang...:-)

Selamat datang di blog Warcil SDIT Thariq Bin Ziyad Pondok Hijau Permai - Bekasi. Wadah ini dibentuk untuk menampilkan ide, kreasi dan hasil liputan siswa-siswi peserta Ekstra Kurikuler Jurnalistik & Kepenulisan.

Selasa, 01 Februari 2011

OPINI


TANAH LONGSOR
Oleh : Davinka Pradneswari Rayyani(4B)

http://www.tarakankota.go.id/images/tanah-longsor-di-ladang-020406-00.jpg

            Sudah berapa kali bencana menimpa tanah air tercinta ini? Salah satunya adalah bencana tanah longsor. Tanah longsor sangatlah membahayakan manusia, namun musibah ini sering terjadi. Beberapa contoh daerah yang pernah ditimpa bencana tanah longsor seperti Bandung, Pulau Nias dan beberapa kota lainnya.
            Siapa yang mau dipersalahkan? Kita harus jujur mengakui bahwa terjadinya tanah longsor tidak lepas dari ulah tangan manusia sendiri. Perilaku membuang sampah sembarangan dan menebang pohon secara liar merupakan ulah manusia yang dapat mengakibatkan terjadinya tanah longsor. Meskipun bencana longsor sudah sering menimpa kita, namun perilaku baik untuk menjaga lingkungan tetap saja diabaikan. Hingga saat ini, masih banyak hutan yang gundul akibat ulah manusia, dan pemerintah belum sempurna mengajak masyarakat untuk melakukan penghijauan.
            Demi kelestarian lingkungan dan mencegah tanah longsor, hendaknya manusia sadar akan perilaku buruknya selama ini. Tidak membuang sampah sembarangan dan menghentikan penebangan hutan akan memberikan manfaat besar bagi alam kita.
---

Galeri Foto - Tarakan Kota Online


BANJIR
Oleh : Faiza Maila Yusfiana (4A)

http://www.matanews.com/wp-content/uploads/banjir.jpg

            Kita sering menyesali bencana alam yang menimpa, tapi kita selalu saja lalai untuk melakukan pembenahan terhadap penyebab banjir tersebut. Sebagai contoh banjir bandang di Wasior, Papua yang banyak menelan kerugian baik harta benda maupun manusia. Banjir banding tersebut akibat kayu gelondongan yang menyumbat sebuah sungai, sehingga air tidak bisa mengalir semestinya dan akhirnya menyebabkan bencana.
            Penyebab banjir yang paling adalah penebangan pohon secara liar, membuang sampah sembarangan dan semua itu adalah ulah tangan manusia sendiri. Tanpa sadar, dengan membuang sampah tidak pada temapatnya dapat menyumbat selokan-selokan, aliran sungai, sementara selokan dan sungai merupakan tempat yang bisa menampung volume air. Jika saluran ini tertutup, mau tidak mau air akan meluap dan terjadilah banjir.
            Sudah seharusnya kita melakukan pembenahan terhadap kebiasan-kebiasaan buruk ini. Buanglah sampah pada temapatnya, jangan tebangi pohon sembarangan dan mari melakukan reoisasi agar hutan tumbuh kembali. Jagalah bumi kita dari bencana banjir.

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar